Rabu, 31 Juli 2013

Membuat Alasan Resign sulit? Siapa bilang?

Ini saya post ulang dari www.jobloker.com

Saya sengaja ngepost ulang karena saat ini terjadi fenomena banyak yang resign dari pekerjaan hehehe. ntah karena masalah gaji, kerjaan atau apapun. 

Memutuskan mengundurkan diri atau resign dari pekerjaan terkadang sangat membingungkan karena terkendala alasan resign yang tepat dan masuk akal. Tidak jarang sebagian besar dari para pekerja main kabur atau tidak pamitan dari tempatnya bekerja karena merasa tidak mampu memberikan alasan yang tepat. Memang, untuk mengutarakan alasan resign secara jujur akan terasa berat karena pasti akan merugikan pihak perusahaan. Pernahkah anda merasakan situasi seperti ini?
Resign dari pekerjaan adalah hak karyawan atau pekerja. Ada berbagai macam alasan yang dimiliki orang yang sudah bekerja untuk resign dan mencari lowongan pekerjaan yang baru. Namun bisa dipastikan sebagian besar alasan mereka resign adalah karena masalah kesejahteraan yang belum mampu diberikan pihak perusahaan. Alasan lain mungkin karena situasi kerja yang mulai tidak nyaman seperti hubungan dengan atasan atau rekan kerja memburuk, pekerjaan yang mengharuskan terus-terusan lembur, tidak ada kepastian karir, dll.
Untuk menjaga nama baik dan kredibilitas anda usahakanlah setiap anda mengundurkan diri melakukannya dengan baik-baik dan tentu saja dengan cara membuat alasan resign dari pekerjaan dengan tepat. Dengan resign secara baik-baik anda akan terlihat bertanggung jawab dan besar kemungkinan anda akan menerima surat keterangan bekerja atau rekomendasi bekerja untuk bekal anda meningkatkan karir ke depannya. Berikut ini merupakan tips membuat alasan resign dari pekerjaan yang tepat dan masuk akal.
  • Alasan Pengembangan Karir. Anda bisa menggunakan alasan ini karena merasa karir anda di perusahaan tidak berkembang.
  • Alasan Melanjutkan Bisnis Orang Tua. Walaupun orang tua tidak punya bisnis apa-apa, anda masih bisa menggunakan alasan resign ini untuk anda meraih karir yang lebih baik di luar sana atau ingin mulai berbisnis.
  • Alasan Keluarga. Alasan resign ini pas digunakan jika anda dan keluarga tinggal berjauhan sehingga sulit untuk berkomunikasi.
  • Alasan Melanjutkan Pendidikan. Membuat alasan resign model ini cukup sering digunakan oleh para karyawan yang masih muda demi mencari peluang yang lebih baik di perusahaan lain.
Setelah anda menentukan alasan resign dari pekerjaan dengan tepat maka selanjutnya anda harus perhatikan juga waktu pengajuan pengunduran diri anda sehingga pihak perusahaan tidak kaget dan merasa tersinggung. Setidaknya ajukanlah surat pengunduran diri atau temuilah langsung pihak SDM sebulan sebelum anda keluar dari perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar